Senin, 09 Mei 2011

Content Aware Fill (Photoshop CS4-CS5)

akhirnya setelah sekian lama vakum dari blogging karena urusan kuliah akhirnya saya mulai sempat lagi untuk menulis di blog kesayangan saya ini..

Bagi yang jarang mengekspore Photoshop, mungkin kalian belum mendengar fasilitas ini. Fasilitas ini terbilang baru di Photoshop, kalau tidak salah fasilitas ini baru ada pada Photoshop CS4 dan tentunya CS5 juga ada, jadi bagi kalian yang masih menggunakan CS3 ke bawah belum bisa menggunakan fasilitas ini. Fasilitas ini terbilang keren menurut saya, karena dengan fasilitas ini kita akan dengan mudah menghilangkan objek pada layer. Dengan fasilitas ini Photoshop akan otomatis menyamarkan objek yang terseleksi dengan warna disekitarnya. Yaa buat yang belum tau, kalau mau lebih jelas lagi perhatikan aja langsung cara-caranya... disini saya sihh menggunakan CS5, kalau kalian menggunakan CS4 sama aja sih caranya(kayaknya)

1. Buka gambar yang ingin dijadikan bahan percobaan untuk fasilitas ini.. dalam contoh ini saya menggunakan gambar ini :



2. Seleksi objek yang ingin dihilangkan dengan menggunakan Polygonal lasso tool(terserah sih mau seleksi pake apa, cuma disini biar lebih mudah saya pake tool itu aja). dalam gambar ini misalkan saya ingin menghilangkan gambar pulau yang ditengah-tengah itu lhoo...



3. Setelah terseleksi, klik Menu Edit → Fill → pada pagian Content pilih Content-Aware



4. Tunggu beberapa saat, dan taraaaa...!! bukan sulap bukan sihir, pulaunya HILANG!!



dan berikut ini contoh hasil dari penggunaan Content Aware Fill pada gambar yang lain..




ahahaha.. gimana?gimana? canggih kan? ahahha... dahh ya sekian dulu postingan saya kali ini, semoga bermanfaat....

7 komentar:

  1. kok gw gak bisa ya pake PS cs4...???

    BalasHapus
  2. saya mke cs4 gak content awarenya???

    BalasHapus
  3. saya sudah Photoshop CS4 tapi kenapa belum ada Content Aware Fill

    BalasHapus
  4. saya pakai cs4 memang tidak ada sepertinya.. yang ada itu di cs6 sama cc yang tinggal klik langsung muncul menu content awarenya

    BalasHapus
  5. cara memunculkan content aware pada cs4 gimana min

    BalasHapus

Tulis Komentar Disini