Kamis, 21 Oktober 2010

Program Sederhana Visual Basic

Jujur aja.. postingan ini bukan bermaksud untuk tutorial atau semacamnya.. postingan ini adalah tugas untuk laporan akhir praktikkum saya di kampus.. Saya posting aja disini supaya gk lupa.. klo bermanfaat ya alhamdulillah... Jadi pada tugas itu diperintahkan membuat program menulis semacam biodata gitudeh dengan 3 tombol (kalo gk salah) dengan syarat :

- jika tombol 1 ditekan maka akan muncul teks pada label yg dituju sesuai yang diketik pada kolom text 1 dan memberi warna background pada kolom text1
- jika tombol 2 ditekan maka akan muncul teks pada label yang dituju sesuai dengan yg diketik pada kolom text2 dan memberi warna background pada kolom text2, dan begitu juga tombol ketiga..

yaa kira-kira tampilan awalnya seperti gambar di bawah ini...


pada gambar diatas itu terdapat 10 buah label, 3 buah textbox , 1 image (tidak termasuk syarat), dan 3 buah commandbutton. Setelah dibuat tampilan seperti gambar diatas kita tinggal memasukkan saja kode pada ketiga tombol tersebut..

a. untuk tombol pertama (blue) kita beri coding seperti ini :

Private Sub Command1_Click()
Label8.Caption = Text1.Text
Label8.ForeColor = vbBlue
Text1.BackColor = vbBlue
Text1.ForeColor = vbWhite
End Sub

b. untuk tombol kedua (red) kita beri coding seperti ini :

Private Sub Command2_Click()
Label9.Caption = Text2.Text
Label9.ForeColor = vbRed
Text2.BackColor = vbRed
Text2.ForeColor = vbWhite
End Sub

c. untuk tombol ketiga (yellow) kita beri coding seperti ini :

Private Sub Command3_Click()
Label10.Caption = Text3.Text
Label10.ForeColor = vbYellow
Text3.BackColor = vbWhite
Text3.BackColor = vbYellow
End Sub

Keterangan Coding (coding pada tombol ketiga) :

- Private Sub Command3_Click() : coding akan aktif jika commandbutton 3(tombol ketiga/yellow) ditekan

- Label10.caption = text3.text : dalam kode ini artinya, jika tombol ketiga (yellow/commandbutton3) ditekan, maka caption(teks) pada label 10 akan sama dengan teks(text) yang diketik pada text3

- Label10.ForeColor = vbYellow : artinya, jika tombol ketiga (yellow/commandbutton3) ditekan, maka warna teks (foreColor) pada label10 akan berubah menjadi kuning(vbYellow)

- Text3.BackColor = vbWhite : artinya, jika tombol ketiga (yellow/commandbutton3) ditekan, maka warna background (backColor) pada Textbox yang ke3 (text3) akan berubah menjadi kuning (vbYellow)

- Text3.foreColor = vbWhite : artinya , jika tombol ketiga (yellow/commandbutton3) ditekan, maka warna teks (foreColor) pada Textbox yang ke3 (text3) akan berubah menjadi putih.

keterangan diatas juga sama pada tombol pertama dan kedua...

Nahh.. jika sudah dipasang coding pada ketiga tombol tersebut tinggal dites saja programnya dengan cara menekan F5 atau menekan dengan tombol start. Coba ketik pada ketiga kolom teks lalu tekan tombolnya 1/1

Maka hasilnya akan seperti ini...


Setelah jadi begini, ternyata si ketua asisten lab ngasih tugas lagi tentang VB... yaitu membuat halaman untuk memasukkan password untuk menuju ke halaman Biodata yang kita buat tadi... untuk membuatnya kita tinggal lanjutkan saja program yang sebelumnya dengan menambah form untuk membuat tampilan untuk memasukkan password. Langkah"nya kira-kira seperti ini:

1. Pertama kita buat dulu form baru dengan cara pilih menu project > add form > form... jika sudah maka akan muncul tampilan polos yang benama form2

2. Buat tampilan seperti gambar di bawah ini yang terdiri dari 2 label, 1 textbox dan 1 commandbutton :

3. Setelah tampilan seperti gambar diatas sudah jadi, kita tinggal memasukkan coding saja pada command1 (tombol). Masukkan kode di bawah ini pada command1

Private Sub Command1_Click()
If Text1.Text = "benar" Then
Form2.Hide
Form1.Show
Else
MsgBox "password yang anda masukkan salah", vbInformation, "Peringatan"
End If
End Sub
Keterangan coding :

- Private Sub Command1_Click() : coding akan aktif jika tombol (command1) di klik..

- If Text1.Text = "benar" Then
form2.hide
form1.show : jika teks pada textbox (text1) adalah benar maka form2 akan disembunyikan (form2.hide) lalu akan tampil form1 (form1.show)

- else
MsgBox "password yang anda masukkan salah", vbInformation, "Peringatan" : jika teks pada textbox (text1) bukan benar maka akan muncul Peringatan (vbinformation , "peringatan") yang tertulis "password yang anda masukkan salah" (MsgBox "password yang anda masukkan salah")

- end if : akhir dari statement kondisi

4. Ok kalau sudah tinggal di setting projectnya dengan cara klik kanan pada project1 di panel project di sebelah kanan atas lalu pilih project1 properties... maka akan muncul layar project1 properties... pada layar project1 properties ganti startup objectnya dari form1 menjadi form2 seperti pada gambar di bawah ini...



Kalau sudah tinggal dijalankan saja programnya, dan hasilnya akan seperti ini...

a. Jika password yang dimasukkan bukan "benar"


b. jika password yang dimasukkan benar maka akan masuk ke tampilan seperti ini :


0 komentar:

Posting Komentar

Tulis Komentar Disini