Minggu, 12 Desember 2010

Efek Foto Sederhana tapi Elegan (kayaknya)

Sebenernya saya nih ngeri kalo buat tutorial-tutorial design... soalnya pendidikan saya juga gk ada hubungannya dengan design-design beginian.. soalnya saya juga belajar begini-beginian secara otodidak.. tapi ya mo gimana lagi, tiap saya post ke facebook gambar-gambar photoshop saya, orang-orang pada minta buatin tutorialnya, termasuk juga tutorial yang ini..  yaudahh deh daripada dibilang sombong/pelit ilmu/apalahh mending saya posting aja disini...

OK segitu aja curhatnya, sekarang intronya.. "halahh lamaa gan"... yaudah dehh langsung aja...

1. Buka foto yang ingin di edit pada photoshop.. ceritanya disini pakai foto saya... "lahh kok pake foto situ gan.. itumahh wajar kalo hasilnya bagus".. hahha ia juga ya.. yaudah pake foto jagoan saya aja.. Master Romy Rafael..


2. Nahh sekarang seleksi fotonya dengan teknik nyeleksi apa aja terserah.. cuma disini contohnya ane pake Quick Mask... kalo mo tau cara nyeleksi pake quick mask cari aja di gugel banyak... "yahh kok nyari lagi gan.. sekalian aja tulis disini donk".. okok karena ane baek jadi sekalian aja....

2.1. Pastikan settingan Quick Mask seperti ini..


2.2. Tekan "Q" untuk masuk ke Quick Mask Mode...

2.3. Aktifkan brush tool, lalu brush bagian yang ingin diambil... sampe seperti ini nihh..


2.4. Nahh kalo udah begono, pencet Q lagi untuk keluar dari Quick Mask Mode.. jadi dehh seleksinya...

OK lanjut lagi...

3. Kalo udah ke seleksi, tekan Ctrl+J untuk mengambil bagian yang terseleksi ke layer baru.. lalu ubah nama layernya menjadi "x" << sebenernya namanya terserah ente cuma biar cepet yaudah "x" aja..



4. Aktifkan layer background, tekan Ctrl+U .. lalu setting lightnessnya menjadi +100..



5. Buat layer baru diatas layer "x", beri nama "y"... "pelit amat ngasih namanya gan?".. itu kan nama buat nandain doank gan.. ngapain ribet-ribet... "ohh gitu ya gan"..



6. Aktifkan gradient tool, terus setting semuanya kyk gini nihh...




7. Kalo uda di setting, langsung aja tarik gradient tool dari tengan ke atas (terserah ente sih sebenernya)...



8. Ubah blending mode layer "y" menjadi multiply..


9. Klik kanan pada layer x > blending option... lalu centang drop shadow.. setting seperti ini...



10. klik OK.. jadi dehhh... trus tambahin aja teks kalo mau.. jadinya kayak begini..



Dahh sekian dulu tutorialnya... mo tidur lagi saya.. hahha.. sampai ketemu lagi di tutorial selanjutnya...

0 komentar:

Posting Komentar

Tulis Komentar Disini