Rabu, 01 Desember 2010

Game Action Melatih Membuat Keputusan yang Cepat dan Akurat

Para ilmuwan kognitif dari Universitas Rochester telah menemukan bahwa bermain video game action melatih orang untuk membuat keputusan yang tepat dan cepat. Para peneliti menemukan bahwa pemain video gamemengembangkan kepekaan yang meningkat terhadap apa yang terjadi di sekitar mereka, dan manfaat ini tidak hanya membuat mereka lebih baik dalam bermain video game, tetapi juga meningkatkan berbagai keterampilan umum yang dapat membantu kegiatan sehari-hari seperti multitasking, mengemudi, membaca cetakan kecil, melacak teman di tengah kerumunan orang, dan navigasi di sekitar kota.

Pada sebuah studi yang akan dimuat dalam jurnal Current Biology, penulis Daphne Bavelier, Alexandre Pouget, dan C. Shawn Green melaporkan bahwa permainan video game dapat menyediakan pelatihan cara hidup yang ampuh untuk mempercepat reaksi dalam berbagai jenis situasi di kehidupan nyata.

Menurut laporan 2009 oleh Entertainment Software Association, video game telah tumbuh dalam popularitas ke titik di mana 68 persen rumah tangga Amerika memiliki anggota yang memainkannya.

Para peneliti menguji lusinan orang berusia antara 18-25 tahun yang tidak terbiasa bermain video game. Mereka membagi para subjek menjadi dua kelompok. Satu kelompok selama 50 jam bermain video game action cepat “Call of Duty 2″ dan “Unreal Tournament”, dan kelompok lainnya bermain 50 jam permainan strategi gerak-lambat “The Sims 2.”

Setelah periode pelatihan ini selesai, semua subjek diminta untuk membuat keputusan yang cepat dalam beberapa tugas yang dirancang oleh para peneliti. Dalam tugas, para peserta harus melihat layar, menganalisis apa yang sedang terjadi, dan menjawab pertanyaan sederhana tentang tindakan dalam waktu sesedikit mungkin (yaitu, apakah sekelompok titik yang bergerak tak teratur pada layar bermigrasi ke kanan atau ke kiri). Untuk memastikan efeknya tidak terbatas hanya persepsi visual, para peserta juga diminta untuk menyelesaikan tugas serupa yang murni berupa pendengaran.

Permainan game action naik 25 persen lebih cepat pada suatu kesimpulan dan menjawab banyak pertanyaan dengan benar.

“Ini bukan kasus pemain game action memicu-kesenangan dan kurang akurat: Mereka sama akuratnya dan juga lebih cepat,” kata Bavelier. “Pemain game action membuat keputusan yang lebih tepat per satuan waktu. Jika Anda adalah seorang ahli bedah atau Anda berada di tengah medan perang, itu bisa membuat perbedaannya.”

Penulis simulasi saraf menjelaskan mengapa pemain game action dapat menambah kemampuan mengambil keputusan. Orang-orang membuat keputusan berdasarkan probabilitas yang terus-menerus dihitung dan dimurnikan di kepala mereka, kata Bavelier. Proses ini disebut inferensi probabilistik. Otak terus menumpuk potongan kecil informasi visual atau pendengaran sebagai survei seseorang pada kejadian, dan akhirnya mengumpulkan cukup bagi orang tersebut untuk melakukan apa yang ia anggap sebagai keputusan akurat.

“Keputusan tidak pernah hitam dan putih,” katanya. “Otak selalu menghitung probabilitas. Ketika Anda mengemudi, misalnya, Anda mungkin melihat gerakan di kanan, memperkirakan apakah Anda berada pada jalur tabrakan, dan berdasarkan pada probabilitas membuat keputusan biner: rem atau tidak rem.”

Otak pemain video game action adalah kolektor lebih efisien pada informasi visual dan pendengaran. Oleh karena itu, informasi ini diperlukan mereka untuk dapat membuat keputusan yang lebih cepat daripada non gamer.

Studi baru sebelumnya oleh Bavelier juga menunjukkan bahwa video game dapat pula meningkatkan visi dengan membuat pemain sedikit lebih sensitif terhadap berbagai nuansa warna.

0 komentar:

Posting Komentar

Tulis Komentar Disini