Kamis, 09 Desember 2010

Mengenal Flash Professional 8

Flash Professional 8 adalah program animasi berbasis vektor yang bisa dibilang software paling Populer dalam membuat animasi dan aplikasi web yg dinamis dan interaktif. Tidak hanya itu, flash juga bisa digunakan untuk membuat animasi logo, kartun, game, aplikasi ponsel dll.

OK, sekarang kita lanjut ke pengenalan Area Kerja Flash... perhatikan gambar...



Keterangan :
Title Bar : title bar adalah baris judul yang akan menampilkan nama program atau file yang sedang aktif..

Menu Bar : baris menu yang terdiri dari 10 menu utama yang masing-masing berisi sub menu dan beberapa perintah lagi..

Timeline : timeline adalah panel untuk mengorganisasikan layer dan mengontrol jalannya animasi

Panel Library : panel untuk mengatur simbol yang akan digunakan untuk keperluan pembuatan animasi

Toolbox : kumpulan tool yang digunakan untuk melakukan seleksi, menggambar, memberi warna objek, memodifikasi objek dan mengatur besar tampilan stage..

Stage : lembar kerja dimana gambar, teks, dan berbagai elemen animasi lainnya ditempatkan untuk keperluan animasi..

Property Inspector Panel : panel untuk mengatur setting stage, atribut objek, penggunaan filter dan mempublikasikan movie flash..

Setelah mengenal area kerjanya sekarang kita pelajari hal-hal yang paling dasar dalam Flash...


Mengubah Ukuran Stage


Pada kondisi default ukuran stage adalah 550x400 pixel dengan background berwarna putih dan Frame ratenya adalah 12 fps (frame per second)

Untuk mengubah ukurannya... berikut langkah-langkahnya :
1. Pastikan tool yang aktif adalah selection tool, lalu lihat pada Panel Property Inspector.. klik tombol 550x400 pixel..
2. Pada bagian dimension atur lebar(widht) dan tinggi(height)nya.. disitu juga bisa diatur background color dan Frame Ratenya
3. Tekan OK


Membuat Objek Dasar


Membuat objek-objek dasar seperti lingkaran, kotak, text dan garis adalah hal yang perlu diketahui sebelum anda membuat animasi Flash.

Berikut langkah-langkahnya :
1. Membuat objek garis : Aktifkan Line tool pada toolbox, lalu atur tebal, warna, dan jenis garisnya pada panel Property Inspector.. lalu klik dan drag pada Stage

2. Membuat objek Kotak : aktifkan rectangle tool pada Toolbox (klik 2x untuk mengatur radiusnya), lalu atur warna, dan outline pada Panel Property Inspector

3. Membuat Objek Lingkaran : aktifkan aktifkan Oval tool pada Toolbox, lalu atur warna dan outlinenya pada Panel Property Inspector..

4. Membuat Objek Text : aktifkan Text Tool pada Toolbox, klik di area stage... lalu ketik teks yg anda inginkan.. untuk mengatur fontnya bisa diatur pada Panel Property Inspector..


1 komentar:

  1. wah,,bermanfaat sekali. Saya pemula mau belajar flash ^^

    BalasHapus

Tulis Komentar Disini