Jumat, 10 Desember 2010

Menggunakan Ruler, Grid dan Guide pada Flash

Dalam membuat animasi, ada saat dimana kita harus membuat sebuah objek yang teratur. Untuk itulahh kita membutuhkan bantuan Ruler, Guide, dan Grid. Ketiga alat bantu tersebut akan memudahkan kita dalam melakukan pengukuran dan menggambar sebuah objek.. kalo mo jelasnya, coba aja nanti bandingin membuat objek dengan menggunakan alat bantu tersebut dengan yg tidak menggunakan...

OK intronya segitu aja... langsung kita mulai ke intinya...




Menampilkan Ruler

untuk menampilkan Ruler kalian tinggal klik menu View > Rulers atau bisa langsung menekan Ctrl+Alt+Shift+R. nanti di sekitar stage akan tampil seperti gambar di bawah ini..

Tampilan Ruler


Membuat Grid

Untuk membuat grid, kita tinggal klik menu View > Grid > Edit Grid, atau bisa langsung menekan Ctrl+Alt+G.. disitu kalian bisa setting ukuran, warna gridnya... jangan lupa centang 'show grid' untuk menampilkan Gridnya... sedangkan kalo untuk yang Snap to Grid Fungsinya untuk memudahkan membuat objek mengikuti Grid tadi..

Tampilan Grid


Membuat Guide

Untuk membuat Guide, munculkan dulu Ruler (Ctrl+Alt+Shift+R)... setelah itu klik menu View > Guides > Edit Guide (Ctrl+Alt+Shift+G).. setting dah itu sesukanya.... jangan lupa dicentang Show Guidenya... Snap to Guide juga boleh dicentang untuk mempermudah pembuatan objek..

Setelah itu.. untuk membuat Guide secara Horizontal, kalian klik pada Ruler yg diatas (yang mendatar/Horizontal) lalu drag ke baris mana saja... sedangkan untuk membuat Guide secara Vertikal, kalian klik pada Ruler yang disamping (tegak/Vertikal) lalu drag ke posisi mana saja yang diinginkan...


Membuat Horizontal Guide
Membuat Vertikal Guide











OK mungkin sekian dulu penjelasan kali ini... semoga tutorial ini dapat bermanfaat.. sampai ketemu lagi di tutorial selanjutnya ya.. hehhe..


1 komentar:

Tulis Komentar Disini